Jenis keterampilan proses sains, instrumen kps, dan teknik penilaian
(Sesuai KURIKULUM 2013)
A.Matriks Jenis-jenis Keterampilan Proses Sains Menurut Ahli
Nama Ahli
|
Jenis Keterampilan Proses
|
Harlen and Jelly
|
1. Observing
2. Questioning
3. Hypthesizing
4. Predicting
5. Investigating
6. Interpreting
7. Communicating
|
Rezba
|
Melakukan Pengamatan (observing)
1. Mengkomunikasikan ( communicating)
2. Mengklasifikasikan (Classifying)
3. Mengukur secara metris ( Measuring Matrically)
4. Menginferensi (Infering)
5. Memprediksi (Predicting)
6. Mengidentifikasi variabel (Indetifying variables)
7. Membuat sebuah tabel dari data (Constructing a table of data)
8. Membuat grafik (Constructing a graph)
9. Mendeskripsikan hubungan antar variabel (Describing relationships between variables)
10. Mengambil dan memproses data (Acquiring and processing your own data)
11. Mengajukan hipotesis(Constructing hypotheses)
12. Mendefenisikan variabel secara operasional (Defining variablesoperationally)
13. Mendesain Penyelidikan (Designing investigations)
14. Melakukan eksperimen (Experimenting)
|
Longfield
|
1. Basic
a. Mengobservasi: menggunakan indera untuk mengumpulkan informasi
b. Membandingkan: menemukan persamaan dan perbedaan antara dua objek/kejadian
c. Mengklasifikasikan: mengelompokkan objek atau ide dalam kelompok atau kategori berdasarkan bagian-bagiannya.
d. Mengukur:menentukan ukuran objek atau kejadian dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
e. Mengkomunikasikan:menggunakan lisan, tulisan, atau untuk menjelaskan ide, kejadian, atau objek.
f. Membuat model: membuat grafik, tulisan, atau untuk menjelaskan ide, kejadian, atau objek.
g. Merekan data: menulis hasil observasi dari objek atau kejadian menggunakan gambar, kata-kata, maupun angka
2. Intermediate
a. Inferring: membuat pertanyaan mengenai hasil observasi yang didukuung dengan penjelasan yang masuk akal.
b. Memprediksi: menerka hasil yang akan terjadi dari suatu kejadian berdasarkan observasi dan biasanya pengetahuan dasar dari kejadian serupa.
3. Edvanced
a. Membuat hipotesis: membuat pertanyaan mengenai suatu masalah dalam bentuk pertanyaan.
b. Merancang percobaan: membuat prosedur yang dapat menguji hipotesis
c. Menginterpretasikan data: membuat menggunakan tabel, grafik, atau diagram untuk mengorganisasikan dan menjelaskan informasi
|
No
|
Indikator
|
Sub Indikator Keterampilan Proses Sains
|
1
|
Mengamati
|
· Menggunakan sebanyak mungkin alat indera
· Mengumpulkan/menggunakan fakta yang relevan
|
2
|
Mengelompokkan/
Klasifikasi
|
· Mencatat setiap pengamatan secara terpisah
· Mencari perbedaan, persamaan; Mengontraskan ciri-ciri; Membandingkan
· Mencari dasar pengelompokkan atau penggolongan
|
3
|
Menafsirkan
|
· Menghubungkan hasil-hasil pengamatan
· Menemukan pola dalam suatu seri pengamatan; Menyimpulkan
|
4
|
Meramalkan
|
· Menggunakan pola-pola hasil pengamatan
· Mengungkapkan apa yang mungkin terjadi pada keadaan sebelum diamati
|
5
|
Mengajukan
pertanyaan
|
· Bertanya apa, mengapa, dan bagaimana.
· Bertanya untuk meminta penjelasan; Mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis.
|
6
|
Merumuskan
hipotesis
|
· Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian.
· Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah.
|
7
|
Merencanakan
percobaan
|
· Menentukan alat/bahan/sumber yang akan digunakan
· Mentukan variabel/ faktor penentu; - Menentukan apa yang akan diukur, diamati, dicatat; - Menentukan apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja
|
8
|
Menggunakan
alat/bahan
|
· Memakai alat/bahan
· Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan ; Mengetahui bagaimana menggunakan alat/ bahan.
|
9
|
Menerapkan konsep
|
· Menggunakan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru
· Menggunakan konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
10
|
Berkomunikasi
|
· Mengubah bentuk penyajian
· Menggambarkan data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik atau tabel atau diagram; Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis; Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian; Membaca grafik atau tabel atau diagram; Mendiskusikan hasil kegiatan mengenai suatu masalah atau suatu peristiwa.
|
No
|
Indikator Keterampilan Proses
|
Sub Indikator Keterampilan Proses
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Mengamati
|
Mengumpulkan dan menggunakan fakta setelah melakukan pengamatan pada video atau animasi pemantulan cahaya.
|
Setelah mengamati video gejala pemantulan cahaya Apa yang menyebabkan manusia dapat melihat benda-benda yang ada disekitarnya?
A. Perambatan cahaya
B. Pemantulan cahaya
C. Pembiasan cahaya
D. Pembelokan cahaya
E. Penerusan cahaya
|
B.Pemantulan cahaya
Pembahasan:
Salah satu karakteristik cahaya adalah dipantulkan, ketika cahaya mengenai suatu benda, maka benda tersebut akan memantulkan cahaya dari benda tersebut sesuai dengan warna permukaan. Jika benda berwarna merah, maka benda tersebut memantulkan warna merah (cahaya tampak) ke mata. Sehingga, manusia bias melihat benda tersebut setelah terbentuk bayangan di retina mata.
|
10
|
2
|
Mengelompokkan / mengklasifikasikan
|
· Mencatat setiap pengamatan video gejala pemantulan cahaya
· Mencari perbedaan, persamaan dan
· Mengelompokkannya
|
Ketika permukaan sebuah benda dikenai cahaya, kemudian cahaya dipantulkan oleh benda tersebut dengan setiap pantulan yang diberikan oleh benda tersebut membentuk sudut bayangan yang bervariasi. Hal ini termasuk kepada jenis pemantulan …..
A. Pemantulan teratur
B. Pemantulan diteruskan
C. Pemantulan baur
D. Pemantulan campuran
E. Pemantulan biasa
|
D. Pemantulan baur
Pembahasan:
Ketika permukaan benda dikenai cahaya, kemudian dapat memantulkan cahaya tersebut dengan sudut yang bervariasi maka permukaan benda tersebut kasar, sehingga cahaya dipantulkan tidak teratur dan arah cahaya yang dipantulkan juga bervariasi yang dipengaruhi oleh struktur permukaan benda tersebut.
|
10
|
3
|
Menafsirkan
|
· Menghubungkan hasil-hasil pengamatan
Menemukan pola setelah mengamati video pemantulan cahaya
|
Bagaimana jika sinar matahari yang sampai ke bumi hanya mengalami pemantulan teratur?
A. Kita dapat melihat semua benda yang dibumi.
B. Kita dapat melihat semua benda yang tidak terkena sinar matahari
C. Kita hanya dapat melihat benda yang terkena sinar matahari
D. Kita dapat melihat benda yang ada di dalam gedung dan di balik pohon
E. Kita tidak dapat melihat apapun
|
C. kita hanya dapat melihat benda yang terkena sinar matahari.
Pembahasan : karena cahaya hanya dipantulkan oleh benda yang mengenai sinar matahari yang dipantulkan secara teratur, sehingga pantulan tersebut tidak mengalami penyebaran atau dihamburkan ke berbagai arah, yang menyebabkan kita tidak dapat melihat sesuatu yang ada dibalik bayangan benda, dalam gedung atau bangunan dan yang tidak terlihat lainnnya.
| |
4
|
Meramalkan
|
· Menggunakan pola-pola hasil pengamatan dari pemantulan cahaya
Mengungkapkan apa yang mungkin terjadi pada keadaan tertentu
|
Jika pada malam hari terjadi hujan, bagaimana pemandangan disamping dan di jalan yang terlihat oleh pengemudi?...
A. Terjadi pemantulan baur dan pemandangan tampak jelas
B. Terjadi pemantulan teratur dan pemandangan tampak jelas.
C. Terjadi pemantulan baur dan pemandangan tampak kurang jelas.
D. Terjadi pemantulan teratur dan pemandangan tampak kurang jelas.
E. Tidak terjadi pemantulan dan jalan tampak kurang jelas
|
D.Terjadi pemantulan teratur dan pemandangan tampak kurang jelas.
Pembahasan:
Pada malam hari, ketika hujan di permukaan jalan akan menjadi halus karena ada permukaan jalan yang kasar diisi oleh air, sehingga cenderung permukaan lebih halus. Oleh sebab itu, cahaya lampu mobil mengalami pemantulan teratur dan menyebabkan arah pantulan lurus ke atas atau tidak menyebar yang menyebabkan pemandangan jalan di samping dan di depan tampak kurang jelas.
|
10
|
5
|
Mengajukan
pertanyaan
|
· Bertanya apa, mengapa, dan bagaimana.
Bertanya untuk meminta penjelasan; Mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis.
|
Berdasarkan animasi tentang pemantulan cahaya pada cermin. Pertanyaan yang paling tepat tepat dengan proses pemantulan cahaya….
A. Mengapa orang buta tidak bias melihat benda yang terkena cahaya matahari?
B. Bagaimana proses jalannya cahaya pada cermin cembung?
C. Bagaimana bentuk bayangan yang terjadi pada cermin cekung?
D. apa yang terjadi jika cahaya mengenai benda berwarna hitam?
E. apa sifat-sifat bayangan pada cermin datar ?
|
D. apa yang terjadi jika cahaya mengenai benda berwarna hitam?
Pembahasan :
Pertanyaan pada benda berwarna hitam lebih tepat untuk materi radiasi benda hitam karena tidak terjadi pemantulan. Sedangkan materi yang akan dipelajari yaitu tentang pemantulan cahaya, dan ini sesuai dengan jawaban pertanyaan dari pertanyaan pada pilihan A, B, C, dan E.
|
10
|
6
|
Merumuskan Hipotesis
|
· Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah.
|
Berdasarkan pemangatan pada pemantulan cahaya pada cermin datar. Penjelesan apa yang dapat anda kemukakan?
|
Jawaban :
Sudut sinar datang pada cermin datar sama besar dengan sudut sinar pantulnya.
|
10
|
7
|
Merencanakan Percobaan
|
· Menentukan apa yang akan diukur, diamati, dicatat;
|
Pada percobaan pemantulan pada cermin datar. Apa saja variable yang akan diukur, diamati, dan dicatat.
|
Variable yang diukur : sudut sinar datang dan sudut sinar pantul.
Yang diamati : jalannya sinar pada cermin datar.
Yang dicatat : besar sudut sinar datang dan sudut sinar pantul.
|
10
|
8
|
Melakukan Percobaan
|
· Memakai alat/bahan
· Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan ; Mengetahui bagaimana menggunakan alat/ bahan.
|
Apa saja alat dan bahan ayang digunakan dalam percobaan pemantulan pada cermin datar ?
|
Alat dan bahan :
1. Cermin 1 buah
2. Pentul 2 buah
3. Pensil /spidol/pena
4. Kertas
5. Penggaris
6. Busur
|
10
|
9
|
Menerapkan konsep
|
· Menghubungkan konsep yang diperoleh pada kehidupan
|
Sebutkan contoh penerapan dari prinsip permantulan cahaya pada cermin datar dalam kehidupan?
|
ketika kita berdiri di depan cermin datar, bayangan yang terbentuk sama besar.
|
10
|
10
|
Mengkomunikasikan
|
· Menggambarkan data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik atau tabel atau diagram; Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis; Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian; Membaca grafik atau tabel atau diagram; Mendiskusikan hasil kegiatan mengenai suatu masalah atau suatu peristiwa.
|
Tuliskan format laporan percobaan yang akan dipresentasikan?
|
Membuat laporan dan mempresentasikan di depan kelas.
Format laporan minimal mencakup :
1. Identitas kelompok
2. Judul percobaan
3. Tujuan Percobaan
4. Alat dan bahan
5. Langkah kerja
6. Tabel Data
7. Analisis Data
8. Kesimpulan (interpretasi data)
|
10
|
Adapun kriteria skor akhir yang diperoleh oleh peserta didik dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini.
No
|
Skor Akhir
|
Kriteria
|
1
|
100 - 80
|
Sangat Baik
|
2
|
79 - 60
|
Baik
|
3
|
59 - 40
|
Cukup
|
4
|
39 - 0
|
Kurang
|
Sumber : Dimodifikasi dari Kemendikbud (2013 : 131)
Contoh Instrumen Non Tes
Kriteria
|
Skor
| ||||||
4 (Sangat Baik)
|
3 (Baik)
|
2 (Cukup)
|
1 (Kurang)
| ||||
Tujuan percobaan
|
Mengidentifikasi tujuan dan
|
Mengidentifikasi tujuan
|
Mengidentifikasi sebagian tujuan
|
Salah mengidentifikasi tujuan
| |||
ciri khusus
| |||||||
Alat dan bahan
|
Melihat semua alat dan bahan
|
Melihat semua bahan
|
Melihat beberapa bahan
|
Salah melihat bahan
| |||
Hipotesis
|
Mempresiksi dengan benar
|
Memprediksi dengan benar
|
Memprediksi dengan beberapa fakta
|
Menebak-nebak
| |||
fakta dan membuat hipotesis
|
fakta
| ||||||
Prosedur
|
Melist semua tahap dan
|
Melist semua tahap
|
Melist beberapa tahap
|
Salah melist tahap
| |||
detail-detail khusus
| |||||||
Hasil
|
Data direkam diorganisir dan
|
Data direkam, diorganisir
|
Data direkam
|
Hasil salah
| |||
digrafiskan
| |||||||
Simpulan
|
Tampak memahami konsep
|
Tampak memahami konsep
|
Tampak memahami beberapa konsep
|
Tidak ada kesimpulan atau
| |||
dan membuat hipotesis baru
|
yang telah dipelajari
|
Miskonsepsi
| |||||
untuk aplikasi pada situasi
| |||||||
lain
|
Lembar Penilaian Validitas Instrumen Keterampilan Proses Sains
Penilaian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi tentang instrumen validitas yang akan digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dalam pengujian validitas instrumen penilaian keterampilan proses sains PETUNJUK PENGISIAN
1. Melalui lembar penilaian ini Bapak/ Ibu diminta pendapatnya tentang lembar validasi yang telah dibuat untuk data penelitian
2. Pendapat yang Bapak/ Ibu berikan pada setiap butir pernyataan yang terdapat dalam lembar penilaian instrumen validitas ini akan digunakan sebagai masukan untuk menyempurnakan pembuatan lembar validasi yang akan digunakan untuk mengumpulkan data penelitian.
3. Mohon berikan pendapat Bapak/Ibu dengan memberikan tanda centang (√) pada salah satu kolom angka 1,2,3, atau 4 dengan skala sebagai berikut:
Skor
|
Kategori
|
Ketercapaian Indikator
| ||||||||
1
|
Sangat Tidak Setuju (STS)
|
0 − 25
| ||||||||
2
|
Tidak Setuju (TS)
|
25 − 50
| ||||||||
3
|
Setuju (S)
|
51 − 75
| ||||||||
4
|
Sangat Setuju (SS)
|
76 − 100
| ||||||||
4. Identitas Bapak/ Ibu mohon diisi dengan lengkap
| ||||||||||
Nama Validator
|
: ...........................................................................
| |||||||||
Jurusan/ Spesialisasi
|
: ...........................................................................
| |||||||||
Skala
| ||||||||||
No
|
Indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||||
STS
|
TS
|
S
|
SS
| |||||||
A. Kelayakan Isi
| ||||||||||
1
|
Materi yang disajikan dalam soal sudah sesuai
| |||||||||
dengan tuntunan KI, KD, dan indikator yang
| ||||||||||
dirumuskan
| ||||||||||
2
|
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tuntutan
| |||||||||
kurikulum dan silabus
| ||||||||||
3
|
Kompetensi yang akan dicapai peserta didik sudah
| |||||||||
dijabarkan dengan lengkap
| ||||||||||
4
|
Konsep yang disajikan tidak bermakna ganda
| |||||||||
5
|
Soal telah menyajikan informasi yang akan
| |||||||||
membantu meningkatkan daya
|
berfikir kritis
|
Skala
| ||||||
No
|
Indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
| |
STS
|
TS
|
S
|
SS
| |||
peserta didik
| ||||||
6
|
Contoh soal yang disajikan mampu membimbing
| |||||
peserta didik untuk menemukan alternatif jawaban
| ||||||
lainnya
| ||||||
B. Kelayakan Kosntruksi
| ||||||
1
|
Penyajian soal telah sistematis
| |||||
2
|
Soal-soal yg disajikan membatu siswa mencapai
| |||||
tujuan pembelajaran
| ||||||
3
|
Terdapat keseimbangan gambar dan tulisan
| |||||
keterangan
| ||||||
4
|
Perpaduan warna menarik
| |||||
5
|
Tata letak teratur
| |||||
C. Komponen Bahasa
| ||||||
1
|
Bahasa yang digunakan dapat memotivasi siswa
| |||||
2
|
Bahasa yang dgunakan tidak bermakna ganda
| |||||
3
|
Informasi yang disampikan jelas
| |||||
4
|
Ejaaan yang diguanakan mengacu pada EYD
| |||||
Skor
|
KOMENTAR DAN SARAN
1. Komentar
Kemukakanlah tanggapan Bapak/ Ibu setelah mengamati dan menganalisis instrumen diatas pada materi optika geometri
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
2. Saran
Kemukakanlah saran-saran Bapak/ Ibu yang dapat digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan instrumen diatas pada materi Optika geometri
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
Padang,
Validator
Maret 2019
(_____________________)
0 comments: